Pengunjung

Counter Flag

Sabtu, 11 Februari 2017

LEMPAR LEMBING

sejarah lempar lembing

Pengertian dan Sejarah Lempar Lembing

Pengertian dan Sejarah Lempar Lembing | Olahraga.Biz.Id – Lepar Lembing merupakan salah satu cabang olah raga atletik, yang telah kita kenal pada artikel  Pengertian dan Sejarah Atletik. Kali ini Olahraga.Biz.Id ingin berbagi informasi mengenai lempar lembing. Mulai dari pengertian lempar lembing hingga sejarah lempar lembing. Lempar Lembing dikenal dalam bahasa Inggris sebagai Javeling Throw.

Induk Organisasi Lempar Lembing Nasional dan Internasional dibawah Induk oganisasi olahraga atletik. Untuk Indonesia Induk organisasi olahraga atletik adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Sedangkan Induk Organisasi Atletik Internasional adalah IAAF ( International Amateur Atlhetic Federation)Pengertian Lempar Lembing
Lempar Lembing adalah salah satu cabang olah raga atletik, yang dilakukan dengan melemparkan lembing dari jarak tertentu.Untuk mencapai jarak maksimum. Untuk mencapai jarak maksimum pada olahraga lempar lembing, seorang atlet lempar lembing harus menyeimbangkan tiga hal, yaitu kecepatan, teknik dan kekuatan.

Pengertian lempar lembing menurut para ahli

Lempar Lembing Merupakan olahraga Atletik yang terdiri dari dua kata yaitu Lempar dan Lembing, Lempar adalah usaha untuk membuang jauh-jauh sedangkan lembing adalah Sebuah tongkat yang berujung runcing yang dibuang jauh-jauh (Pengertian Lempar Lembing menurut : Munasifah, 2008:4).
Lempar Lembing adalah suatu nomor yang terdapat dalam cabang olahraga atletik yang menggunakan alat bulat panjang berbentuk tombak dengan cara melempar sejauh-jauhnya (Penggertian Lempar Lembing Menurut : PASI, 1988:43)
Selanjutnya Pengertian Lempar Lembing menurut Jerver ( 1996:142) bahwa Lempar Lembing adalah suatu gerakan antara sentuhan tangan dengan menggunakan benda yang berbentuk panjang berusaha untuk melempar sejauh mungkin. Seorang atlet lempar lembing akan memperoleh jauhnya lemparan dengan mengkombinasikan kekuatan dengan kecepatan gerak serta sudut pada saat lembing meninggalkan tangan.
Setelah mengerti mengenai pengertian lempar lembing, waktunya kita mengenal sejarah lempar lembing.

Sejarah Lempar Lembing

Lempar Lembing merupakan suatu aktivitas yang memerlukan kecekatan dan kekuatan dalam melempar sebuah tongkat berbentuk tombak akan tetapi lebih ringan dan lebih kecil.  Seperti hal nya olahraga atletik lainnya, sejarah Lempar Lembing ini merupakan hasil adopsi dari kebiasaan (Ketangkasan) pada zaman yang lampau. pada zaman dahulu lempar lembing ini digunakan masyarakat sebagai senjata ketangkasan untuk berperang atau berburu binatang. Dengan lembing yang tajam orang jaman dahulu dapat menangkap hewan yang diburu.
Aktifitas Lempar lembing ini mulai berkembang menjadi suatu olahraga ketika umat manusia mulai memasuki zaman bercocok tanam dan meninggalkan aktivitas nomaden nya yang kental dengan aktivitas berburu.
Hal diatas menjadi penyebab terjadi perubahan mulai dari gaya hidup aktivitas maupun kebudayaan. Seperti Lempar lembing ini, yang dahulunya digunakan untuk berburu, namun pada masa itu mulai berkembang menjadi sebuah Olahraga yang dikenal dengan lempar lembing . Walau belum ada catatan yang otentik mengenai sejarah Lempar lembing ini, namun olahraga ini diprediksi telah berkembang pada zaman yunani klasik.

Sejarah Lempar Lembing di Olimpiade

Lempar Lembing ini merupakan olahraga yang mengharuskan atlet nya untuk melemparkan sebuah benda yang hampir mirip seperti tombak yang disebut Lembing sepanjang 2,5 meter sejauh mungkin. Pada tahun 1908 lempar lembing mulai dimasukan kedalam salah satu cabang olahraga dalam Olimpiade dan pada tahun 1932 diadakan kejuaraan lempar lembing untuk perempuan dalam olimpiade.
Pada saat itu lempar lembing sudah mulai banyak diminati ini terbukti dengan berpartisipasinya 42 orang peserta (Atlit) Lempar Lembing dari 11 Negara. Dan Swedia merupakan negara yang menjuarai olahraga lempar Lembing ini yang diwakili oleh Erik Lundqvist ia berhasil melemparkan lembing sejauh 54,83 meter.
Akibat perang dunia I maka olimpiade selanjutnya dilakukan pada tahun 1920 di antwerp, dan Jonny Myyra dari Finlandia berhasil menjadi juara dengan lemparan sejauh 65,78 meter. Myyra juga berhasil memenangkan Olympiade berikutnya di paris pada tahun 1924 dengan jarak lemparan sehauh 62,96 meter.
Demikian Sobat Olahraga, pengertian dan sejarah lempar lembing yang wajib Sobat ketahui, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar